Beranda > Susu Kambing > Susu Kambing Etawa

Susu Kambing Etawa

Susu Kambing Etawa, kita mungkin sudah sering mendengarnya bukan, tentu saja seperti namanya maka Susu jenis ini adalah hasil dari pemerahan pada kambing jenis etawa. Kambing Etawa merupakan jenis kambing yang berasal dari Negara India, yang biasanya disebut dengan nama Kambing Jamnapari ( nama india kan?? 😀 ). Kambing Etawa jantan memiliki tinggi rata-rata 90cm bahkan sampai dengan 130cm, sedang Kambing Etawa jantan memiliki tinggi hanya sampai dengan 90cm saja. Penampakan gambar Kambing Etawa sedang Anda lihat.

Kambing Etawa sebagai penghasil Susu Kambing Etawa

Susu Kambing Etawa rata-rata dihasilkan hingga 3 liter per hari dari satu Kambing Etawa betina, wah-wah jumlah susu yang cukup banyak bukan, jadi ingin buka peternakan kambing etawanih :D, nah keturunan dari jenis Kambing Etawa biasa kita sebut dengan Kambing PE (peranakan etawa), yaitu pesilangan antara kambing etawa dan kambing lokal, kambing keturunan ini posturnya memang lebih kecil, namun lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan lokal.Susu kambing etawa memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap dan sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, susu kambing etawa yang sedikit manis menjadi salah satu pilihan selain mengkonsumsi susu sapi (lactose intolerance). Susu Kambing Etawa rendah laktosa, maka tidak menimbulkan diare pada manusia.Keistimewaan lain dari Susu Kambing Etawa adalah tidak mengandung beta-lactoglobulin. Senyawa alergen ini sering ditengarai sebagai penyebab reaksi alergi seperti  sakit asma, penyumbatan pada saluran pernapasan, infeksi dan radang telinga, sebab dari eksim, kemerahan jaringan kulit, serta pemicu gangguan pencernaan.
Siklus asam lemak pada susu kambing etawalebih singkat dibanding dengan susu sapi sehingga lebih gampang di cerna dan di serap oleh sistem pencernaan kita. Komposisi asam kaprik serta kapriliknya bisa memperlambat proses infeksi terutama infeksi yang ditimbulkan oleh cendawan candida. Susu kambing etawa juga tidak mengandung zat yang bernama agglutinin merupakan senyawa yang mampu  membuat molekul lemak bergumpal seperti pada susu sapi. Itulah  sebabnya susu kambing etawa sangat mudah diserap oleh usus halus.Disamping untuk dikonsumsi, susu kambing etawasangat bagus juga untuk perawatan kulit kita. Sabun yang mempunyai komposisi dari campuran susu kambing etawa punya tingkat keasaman yang sama dengan kulit kita. Terasa sangat lembut di kulit serta tidak mengakibatkan iritasi kulit. Dari banyak penelitian dipeloleh kesimpulan bahwa penggunaan sabun dari ekstrak susu kambing etawa mampu  memulihkan kelainan pada kulit seperti psoriasis dan eksema, wah sapa yang ga ingin kulit sehat?.Protein pada Susu Kambing Etawa

Susu Kambing Etawa memiliki protein yang tinggi, susu kambing etawa bagus untuk masa pertumbuhan serta untuk pembentukan jaringan tubuh kita. Susu Kambing Etawa adalah sumber protein  murah sengan mutu yang sangat baik. Secangkir susu kambing etawa akan setara dengan  protein 8,7 g. Coba kita bandingkan dengan susu sapi yang ternyata hanya memiliki protein sebesar 8,1 g saja. Protein  pada susu kambing etawa memiliki komposisi yang mencakup 22 asam amino, juga termasuk 8 asam amino esensial misal: isoleusin, leusin, serta fenilalanin. Asam amino esensial ini merupakan senyawa yang sangat penting sebagai sarana pembentuk sejumlah senyawa hormon serta jaringan tubuh manusia. Susu kambing etawa juga merupakan sumber mineral seperti: kalsium, fosfor, kalium, riboflavin (vitamin B2), serta protein, gimana? komplit bukan?

Jika anak kita mengkonsumsi susu kambing ettawa maka dia akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dibanding dengan anak yang tidak mengkonsumsi susu kambing etawa, kadar hemoglobin anak akan meningkat, juga mencukupi kebutuhan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang kita tau ini sangat penting untuk pertumbuhan anak dan perkembangan sel-sel pada otak serta sel-sel saraf. Asam amino yang memiliki komposisi: sistin, belerang metionin,  serta sistein ini sangatlah penting bagi pembangunan kesehatan otak anak dan sistem saraf manusia pada umumnya. Kandungan berupa Sistein serta asam amino lainnya memberi peran penting dalam pembentukan sel darah dan juga sebagai penawar racun (setox)dari bahan-bahan kimia yang terdapat dalam tubuh.

Susu kambing etawa memberikan 32,6% kalsium serta 27,0% fosfor dari kebutuhan dasar harian pada manusia. Sementara itu pada susu sapi hanya didapat 29,7% kalsium serta 23,2% fosfor. Sebagai salah satu sumber kalsium, susu kambing etawa sangalah bagus bagi pemeliharaan kekuatan serta kepadatan tulang. Juga berperan penting pada proses mineralisasi tulang, kalsium serta fosfor mampu membentuk kalsiumfosfat yang merupakan salah satu komponen utama  pada mineral kompleks yang mampu membentuk struktur serta kekuatan kepada tulang kita .Mampu melindungi sel-sel usus besar dari bahaya kanker yang merupakan akibat zat kimia yang melewatinya, juga untuk mencegah pengeroposan tulang pada masa setelah menopause atau juga radang sendi, mampu mencegah migrain, serta meminimalisasi timbulnya gejala sindroma pada  premenstrual haid. Hebat bukan ?

Susu Kambing Etawa juga memberikan peran penting pada  kegiatan fungsional semisal pada proses pembekuan darah, mampu merangsang saraf, pengaturan aktivitas enzim, kontraksi otot, pemberdayaan fungsi membran sel, serta membantu pengaturan tekanan darah manusia. Sehubung  dengan aktivitas fungsional yang demikian, maka sistem tubuh yang secara kompleks akan mengatur berapa jumlah kadar kalsiumyang ada dalam darah secara seksama dan teliti. Ini mempunyai maksud supaya tidak terjadinya kekurangan kadar kalsium pada darah. Kalsium dari dalam tulang akan diambil bila asupan kalsium yang kurang akibat gizi  tidak berimbang.

Pada sebuah penelitian yang melibatkan 195 perempuan usia remaja, yaitu pada usia 10-12 tahun, menunjukkan bahwasanya konsumsi keju yang terbuat dari susu kambing etawa mampu menghasilkan total kepadatan tulang serta ketebalan korteks ( lapisan luar) yang lebih dibanding dengan yang lain. Riset ini dilakukan pada 4 kelompok, yaitu pada  kelompok yang diberi keju susu kambing etawa, preparat kalsium, preparat mineral kalsium ditambah vitamin D, dan plasebo.

Riset mengenai Susu Kambing Etawa ini membuktikan kepada kita bahwa dampak pemberian kalsium dari susu kambing etawa akan  jauh lebih baik dibandingkan dengan pemberian kalsium buatan (sintetis). Pada sebuah riset lain yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, susu kambing etawa telah dibuktikan mampu mempercepat proses pembakaran lemak. Dalam riset itu juga disebutkan bahwa asupan kalsium alami tertinggi berasal dari susu kambing etawa yang mampu menghasilkan pembakaran lemak 20 kali lebih cepat dibanding yang tidak diberi asupan apapun. Susu kambing etawa juga memiliki kandungan riboflavin. Vitamin B2 ini berperan penting untuk pembangkit energi berdasar pada reaksi oksidasi yang diperankan oleh flavoprotein-senyawa ikatan protein yang banyak ditemukan di dalam otot jantung serta otot lainnya.

Begitu banyak manfaat dari Susu Kambing Etawa ini memberikan inspirasi bagi banyak pengusaha Susu Kambing untuk mengolahnya menjadi sebuah produk konsumsi siap saji, selain prospeknya yang cukup menjanjikan, Susu Kambing Etawa sebenarnya juga merupakan pilihan tepat bagi kita untuk menjaga kesehatan dan stamina. Mari kita kenalkan Susu Kambing Etawa kepada masyarakat.

AfrikaansAlbanianArabicArmenianAzerbaijaniBasqueBelarusianBulgarianCatalanChinese (Simplified)Chinese (Traditional)CroatianCzechDanishDetect languageDutchEnglishEstonianFilipinoFinnishFrenchGalicianGeorgianGermanGreekHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianIrishItalianJapaneseKoreanLatinLatvianLithuanianMacedonianMalayMalteseNorwegianPersianPolishPortugueseRomanianRussianSerbianSlovakSlovenianSpanishSwahiliSwedishThaiTurkishUkrainianUrduVietnameseWelshYiddishAfrikaansAlbanianArabicArmenianAzerbaijaniBasqueBelarusianBulgarianCatalanChinese (Simplified)Chinese (Traditional)CroatianCzechDanishDutchEnglishEstonianFilipinoFinnishFrenchGalicianGeorgianGermanGreekHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianIrishItalianJapaneseKoreanLatinLatvianLithuanianMacedonianMalayMalteseNorwegianPersianPolishPortugueseRomanianRussianSerbianSlovakSlovenianSpanishSwahiliSwedishThaiTurkishUkrainianUrduVietnameseWelshYiddish

Detect language » Hungarian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar